Menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 2 adalah momen penting bagi setiap siswa. Mata pelajaran ini tidak hanya menguji kemampuan berbahasa, tetapi juga pemahaman akan budaya dan nilai-nilai luhur bangsa. Penting untuk menguasai berbagai materi seperti membaca pemahaman, menulis ringkasan, mengidentifikasi unsur intrinsik cerita, memahami jenis-jenis teks (berita, iklan, laporan), serta penggunaan tata bahasa dan ejaan yang benar. Persiapan yang matang akan membantu siswa meraih hasil terbaik. Latihan soal secara rutin adalah kunci untuk mengukur sejauh mana pemahaman materi dan melatih kecepatan serta ketepatan dalam menjawab. Dokumen ini menyajikan contoh soal lengkap yang dapat menjadi panduan efektif dalam belajar.
Latihan Soal Contoh Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Semester 2
A. Pilihan Ganda
- Bacalah teks berikut!”Setiap pagi, Pak Budi menyirami tanaman di kebunnya. Ia menanam berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, dan sawi. Hasil panennya selalu segar dan dijual ke pasar tradisional.” Ide pokok paragraf di atas adalah…
- A. Pak Budi menanam sayuran
- B. Pak Budi menyirami tanaman
- C. Hasil panen Pak Budi
- D. Kegiatan Pak Budi setiap pagi
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Kegiatan Pak Budi setiap pagi
- Kalimat yang menggunakan kata kerja transitif adalah…
- A. Adik menangis.
- B. Kakak membaca buku.
- C. Mereka tertawa riang.
- D. Bunga itu mekar.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Kakak membaca buku.
- Berikut yang termasuk jenis teks nonfiksi adalah…
- A. Dongeng
- B. Puisi
- C. Laporan pengamatan
- D. Fabel
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Laporan pengamatan
- Apa makna dari peribahasa ‘Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing’?
- A. Bekerja keras sendirian
- B. Saling membantu dalam suka dan duka
- C. Mengangkat barang bersama-sama
- D. Berbagi beban yang berat saja
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Saling membantu dalam suka dan duka
- Penulisan kalimat langsung yang tepat adalah…
- A. Ibu bertanya, ‘Kapan kamu pulang?’
- B. Ibu bertanya, Kapan kamu pulang?
- C. Ibu bertanya: Kapan kamu pulang?
- D. Ibu bertanya, kapan kamu pulang?
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Ibu bertanya, ‘Kapan kamu pulang?’
- Unsur intrinsik cerita yang berkaitan dengan tempat dan waktu terjadinya peristiwa adalah…
- A. Tokoh
- B. Alur
- C. Latar
- D. Tema
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Latar
- Bacalah iklan berikut!”Diskon 50% untuk semua produk sepatu di Toko Jaya Abadi selama bulan ini!” Informasi penting yang dapat diperoleh dari iklan tersebut adalah…
- A. Toko Jaya Abadi menjual sepatu
- B. Diskon hanya berlaku untuk produk tertentu
- C. Ada diskon besar di Toko Jaya Abadi
- D. Diskon berlaku selamanya
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Ada diskon besar di Toko Jaya Abadi
- Kata ‘memperbesar’ berasal dari kata dasar ‘besar’ mendapat imbuhan…
- A. me- dan -kan
- B. mem- dan -kan
- C. memper- dan -kan
- D. memper- dan -i
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: memper- dan -kan
- Kalimat berikut yang merupakan kalimat ajakan adalah…
- A. Apakah kamu sudah makan?
- B. Mari kita jaga kebersihan lingkungan!
- C. Dia sedang membaca buku.
- D. Tolong ambilkan pensil itu.
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mari kita jaga kebersihan lingkungan!
- Apa fungsi utama tanda titik dua (:) dalam sebuah kalimat?
- A. Mengakhiri kalimat
- B. Memisahkan anak kalimat
- C. Memberi penekanan
- D. Mengawali pemerincian atau penjelasan
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Mengawali pemerincian atau penjelasan
- Bagian dari surat pribadi yang berisi salam pembuka adalah…
- A. Alamat surat
- B. Isi surat
- C. Salam hormat
- D. Salam sayang
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Salam sayang
- Jenis paragraf yang ide pokoknya berada di awal paragraf disebut…
- A. Deduktif
- B. Induktif
- C. Campuran
- D. Naratif
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Deduktif
- Kata ‘menyapu’ adalah contoh kata kerja…
- A. Intransitif
- B. Transitif
- C. Pasif
- D. Refleksif
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Transitif
- Apa yang dimaksud dengan laporan pengamatan?
- A. Cerita fiksi
- B. Teks yang berisi hasil pengamatan
- C. Puisi tentang alam
- D. Iklan produk
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Teks yang berisi hasil pengamatan
- Berikut yang bukan merupakan ciri-ciri pantun adalah…
- A. Bersajak a-b-a-b
- B. Satu bait terdiri dari empat baris
- C. Baris ketiga dan keempat adalah sampiran
- D. Baris pertama dan kedua adalah sampiran
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Baris ketiga dan keempat adalah sampiran
- Kalimat ‘Meskipun hujan deras, Ani tetap berangkat sekolah’ menggunakan konjungsi…
- A. Penambahan
- B. Pilihan
- C. Pertentangan
- D. Sebab-akibat
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Pertentangan
- Tokoh dalam cerita yang memiliki sifat baik dan sering disebut pahlawan adalah…
- A. Antagonis
- B. Protagonis
- C. Tritagonis
- D. Figuran
Lihat Kunci Jawaban
Jawaban: Protagonis
B. Isian Singkat
- Sebutkan tiga jenis kata benda!
Lihat Kunci Jawaban
Kata benda konkret, kata benda abstrak, kata benda kolektif (atau contoh lain seperti: manusia, hewan, benda).
- Apa fungsi utama dari tanda koma (,) dalam sebuah kalimat?
Lihat Kunci Jawaban
Memisahkan unsur-unsur dalam suatu perincian atau daftar, memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat mendahului induk kalimat.
- Jelaskan perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif!
Lihat Kunci Jawaban
Kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan, sedangkan kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya dikenai pekerjaan.
- Tuliskan dua contoh peribahasa beserta artinya!
Lihat Kunci Jawaban
Contoh: 1. Ada udang di balik batu (Ada maksud tersembunyi). 2. Air susu dibalas air tuba (Kebaikan dibalas kejahatan).
- Apa yang dimaksud dengan ringkasan?
Lihat Kunci Jawaban
Ringkasan adalah penyajian singkat dari sebuah teks atau karangan tanpa mengubah gagasan pokok dan sudut pandang penulis asli.
C. Uraian
- Jelaskan langkah-langkah dalam membuat ringkasan sebuah bacaan! Mengapa ringkasan penting?
Contoh Jawaban
Langkah-langkah membuat ringkasan: 1. Membaca teks asli secara menyeluruh. 2. Mencatat gagasan pokok atau kalimat utama setiap paragraf. 3. Menyusun kembali gagasan pokok menjadi satu tulisan yang padu dengan kalimat sendiri. 4. Memperhatikan panjang ringkasan (biasanya 1/3 dari teks asli). Ringkasan penting untuk memahami inti teks dengan cepat dan mengingat informasi penting.
- Tuliskan sebuah paragraf singkat (minimal 4 kalimat) tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah!
Contoh Jawaban
Menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah tanggung jawab kita bersama. Lingkungan sekolah yang bersih akan menciptakan suasana belajar yang nyaman dan sehat. Dengan lingkungan yang bersih, kita terhindar dari berbagai penyakit dan dapat berkonsentrasi penuh saat pelajaran. Oleh karena itu, mari kita biasakan membuang sampah pada tempatnya dan rajin membersihkan kelas serta halaman sekolah.
- Bagaimana cara mengidentifikasi tokoh utama dan tokoh tambahan dalam sebuah cerita? Berikan contohnya!
Contoh Jawaban
Tokoh utama adalah tokoh yang paling sering muncul dan menjadi pusat cerita, konfliknya mendominasi alur. Tokoh tambahan adalah tokoh yang mendukung peran tokoh utama dan tidak selalu muncul. Contoh: Dalam cerita ‘Si Kancil dan Buaya’, Si Kancil adalah tokoh utama, sedangkan Buaya adalah tokoh tambahan.
- Buatlah satu contoh kalimat majemuk setara dan satu contoh kalimat majemuk bertingkat! Jelaskan perbedaannya!
Contoh Jawaban
Kalimat majemuk setara: ‘Adik bermain boneka dan Kakak membaca buku.’ (Terdiri dari dua atau lebih klausa yang kedudukannya setara, dihubungkan konjungsi setara). Kalimat majemuk bertingkat: ‘Dia tidak masuk sekolah karena sakit.’ (Terdiri dari satu induk kalimat dan satu atau lebih anak kalimat, dihubungkan konjungsi bertingkat).
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan pidato! Sebutkan tiga unsur penting yang harus ada dalam sebuah pidato!
Contoh Jawaban
Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyampaikan informasi, gagasan, atau ajakan. Tiga unsur penting dalam pidato adalah: 1. Pembukaan (salam, sapaan, pendahuluan). 2. Isi (pokok bahasan yang disampaikan). 3. Penutup (kesimpulan, harapan, salam penutup).
D. Menjodohkan
Soal 1: Jodohkan istilah-istilah sastra berikut dengan pengertian yang tepat!
| Pernyataan | Pasangan |
|---|---|
| Fabel | Cerita yang tokohnya adalah hewan |
| Puisi | Karya sastra yang terikat rima dan irama |
| Tema | Gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita |
| Amanat | Pesan moral yang ingin disampaikan penulis |
| Alur | Urutan peristiwa dalam cerita |
Soal 2: Jodohkan jenis kalimat/kata dengan contoh yang sesuai!
| Pernyataan | Pasangan |
|---|---|
| Kalimat Tanya | Siapa namamu? |
| Kalimat Perintah | Tolong tutup pintunya! |
| Kata Sifat | Cantik |
| Kata Keterangan | Kemarin |
Soal 3: Jodohkan peribahasa dengan makna yang benar!
| Pernyataan | Pasangan |
|---|---|
| Air beriak tanda tak dalam | Orang yang banyak bicara biasanya tidak berilmu |
| Tong kosong nyaring bunyinya | Orang yang tidak berilmu suka menyombongkan diri |
| Bagai pinang dibelah dua | Dua orang yang sangat mirip |
| Maling teriak maling | Orang yang bersalah menuduh orang lain |
